Kamis, 28 Februari 2008

Maka, nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan......??

demi matahari dan sinarnya dipagi hari..
demi bulan apabila mengiringi
demi siang bila menampakkan diri
demi malam apabila menutupi
demi langit dan seluruh binaannya
demi bumi dan penghamparannya
demi jiwa………..
dan penyempurnaannya… .............

Adalah gambaran alam semesta dan seisinya, yang diciptakan Allah SWT dengan segala keteraturannya mengelilingi garis edar dengan hitungan yang pasti, dan semuanya “berdzikir kepada Allah”,
Dalam keseharian, kadang kita disibukkan dengan rutinitas duniawi yang menyita pikiran dan konsentrasi, adakalanya juga kita melakukan hal-hal yang mudharat, tidak bermanfaat. hingga kita lupa untuk mensyukuri begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, dalam setiap detik, dalam setiap helaan nafas.
“Engkau tumbuhkan biji-bijian, hingga menjadi berbagai macam tumbuhan dengan aneka manfaatnya, seperti buah, tanaman obat, bunga-bunga yang menebarkan keharuman dan keindahan, Engkau ciptakan bulan, dengan sinarnya yang mempesona, Engkau ciptakan matahari, yang dengan sinarnya membantu proses fotosintesis tumbuhan dan menghasilkan oksigen, yang kita hirup saat bernafas. Engkau anugrahkan kami indera penglihatan, hingga kami bisa menikmati berjuta keindahan yang Engkau ciptakan, dan berjuta nikmat lainnya yang kadang kita tidak menyadarinya…………..
Maka, nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan………….??

“Dan selama ini, sudah berapa lama kita tertawa terbahak-bahak, bergunjing, berbuat maksiat, diatas bumi yang sedang berdzikir kepada Allah SWT………??, sudah berapa lama kita berjalan dengan kepala tengadah penuh kesombongan, dibumi yang senantiasa tunduk kepada Allah SWT…………….?? “

Semoga kita dimampukan untuk mereview kedalam diri kita masing-masing (inner journey) , apa yang yang telah kita perbuat dan mengambil pelajaran daripadanya, melepaskan belenggu yang menutupi suara hati, serta membaca tanda-tanda alam semesta (outer journey), sebagai bukti keagungan Allah SWT, dimana kita begitu kecil laksana butiran debu dihamparan alam semesta.

Allah mengilhamkan sukma…..
kefasikan dan ketakwaan………..
beruntunglah, siapa yang mensucikannya
rugilah…siapa yang mengotorinya…..

(butiran mutiara yang kutemukan di ESQ 165)

Tidak ada komentar: